Lompat ke isi utama

Berita

Rapat Evaluasi Akhir Pengawasan Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Tahun 2021

Rapat Evaluasi Akhir Pengawasan Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Tahun 2021

Anggota Bawaslu Kabupaten Tegal Sri Anjarwati, M. Kom menghadiri Rapat Evaluasi Akhir Pengawasan Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Bawaslu Provinsi Jawa Tengah  pada Selasa s.d Rabu, 14 s.d 15 Desember 2021 bertempat di Ruang Media Center Bawaslu Provinsi Jawa Tengah.

Rapat Evaluasi Akhir Pengawasan Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Tahun 2021 tersebut dipimpin langsung Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Fajar Subhi A.K. Arif, SH., MH, dan dihadiri oleh Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Anik Sholihatun, S.Ag, M.Pd, hadir pula Kabag Pengawasan Bawaslu Provinsi Jateng, Drs. Setyo Pramudi dan bersama 35 Bawaslu Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.

Dalam pembukaan Rapat Evaluasi Akhir Pengawasan Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Tahun 2021, Ketua Bawaslu Provinsi, Fajar Subhi A.K. Arif menyampaikan kegiatan pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) untuk memastikan data pemilih untuk pemilu mendatang, dan ini bagian dari langkah usaha/ikhtiar yang harus disikapi dengan cara yang baik. Termasuk didalamnya adalah Bawaslu bertanggungjawab untuk mengawal proses pemutakhiran DPB yang dilakukan KPU, sehingga akan didapatkan data yang valid untuk digunakan dalam pemilu. Rakor ini mungkin akan menjadi rakor penutup di tahun 2021 dalam pelaksanaan rakor pengawasan pemutakhiran DPB ditingkat Provinsi bersama rekan-rekan Bawaslu Kab/kota.

Rapat Evaluasi Akhir Pengawasan Pemuktahiran DPB Anik Sholihatun menyampaikan Rapat koordinasi menyelesaikan laporan Pemutakhiran DPB tersebut secara baik dan penyusunan laporan akhir pengawasan DPB ini adalah bagian dari tanggungjawab kita bersama, sehingga mari kita laksanakan dengan sebaik-baiknya. informasi dan catatan dengan harapan kedepannya kerja-kerja pengawasan lebih baik. Ucapan selamat atas penghargaan pusdikwastif untuk Bawaslu Jawa Tengah. Ini adalah capaian apresiasi dari Bawaslu RI untuk kita semua, intinya Bawaslu Provinsi Jateng tahun 2021 ini dinilai satu-satunya provinsi yang relatif terukur, sistematis, dan masif dalam pelaksanaan pusdikwastif dan  semangat sebagai garda terdepan dan ujung tombaknya pusdikwastif adalah di Bawaslu kab/kota.

Serta DPB ter-update sesuai dengan BA terakhir bulan November 2021. Hasil pengawasan yang dilakukan Anggota Bawaslu Kabupaten Tegal Sri Anjarwati, M. Kom (Divisi  Pengawasan dan Hubal) Daftar Pemilih Berkelanjutan yang dikeluarkan oleh KPU Kabupaten Tegal Periode Bulan November 2021 laki-laki sejumlah 610.385, Perempuan sejumlah 594.625 sehingga Total Daftar Pemilih Berkelanjutan sejumlah 1.205.010 orang.