Lompat ke isi utama

Berita

Pendidikan Politik Sebagai Sarana Sosialisasi Terhadap Pemilih Pemula

Pendidikan Politik Sebagai Sarana Sosialisasi Terhadap Pemilih Pemula

Slawi, Drs. Abasari. M.Hum, Kepala Badan Kesbangpol Kab. Tegal hadir sebagai narasumber dalam acara Rapat Fasilitasi Pengawasan Penyenggaraan Tahapan Pemilu 2024 Bawaslu Tegal. Kegiatan digelar di Grand Dian Slawi, Rabu, 14 Desember 2022. Turut hadir dalam acara ini, anggota Panwaslu Kecamatan Kramat Divisi SDM, organisasi dan data informasi serta Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hub. Masyarakat.

Abasari menyampaikan, pendidikan politik adalah usaha atau upaya berupa bimbingan atau pembinaan secara disengaja dan sistematis dalam meningkatkan pengetahuan politik. Hal tersebut adalah salah satu  sarana untuk memberikan sosialisasi terhadap generasi milenial menggunakan hak pilihnya.

“Pendidikan politik berfungsi agar masyarakat dapat mencintai dan memiliki keterikatan yang tinggi terhadap bangsa dan negara serta menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam sistem politik agar mampu berpartisipasi dan bertanggung jawab dalam mencapai tujuan politik, ” ujarnya.

Sebagai informasi. Pengawasan Partisipatif merupakan wadah kolaborasi antara Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dengan masyarakat dalam meningkatkan fungsi pencegahan dan pengawasan diantaranya karang taruna dan pelajar/pemilih pemula.

Kontributor : Panwaslucam Kramat