Lompat ke isi utama

Berita

Coklit Dimulai, Anggota Bawaslu Kabupaten Tegal Sebagai Pengawas Langsung kehadiran Petugas Coklit

Coklit Dimulai, Anggota Bawaslu Kabupaten Tegal Sebagai Pengawas Langsung kehadiran Petugas Coklit

Slawi Jajaran KPU Kabupaten Tegal yaitu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), kemudian dibantu oleh Panitia Pendaftar Pemilih (Pantarlih) sudah mulai melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) serentak terhadap data masyarakat yang akan mengikuti pelaksanaan Pemlihan Umum (Pemilu) 2024. Coklit dilakukan setelah Pantarlih dilantik dan dilakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) oleh PPS pada hari Minggu, 12 Februari 2023.

Hari pertama memantau di wilayah Kecamatan Warureja anggota Bawaslu Kabupaten Tegal Koordinator Devisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat (Parmas) dan Hubungan Masyarakat (Humas) Sri Anjarwati sebagai Pengawas Pemilu 2024. Dirinya pertama kali orang yang kehadiran petugas Pantarlih di dampingi jajaran PPS, PPK dan Anggota KPU Kabupaten Tegal yaitu Adi Purwanto.

Selanjutnya, Pantarlih langsung melakukan pengecekan data penduduk seperti e-KTP dan Kartu Keluarga yang sudah mereka terima, untuk menjadikan bukti sebagai data pemilih pada pemilu 2024. Dalam jalanya coklit juga di awasi oleh jajaran Panwaslu Desa dan di dampingi Panwaslu Kecamatan.

“Harapanya Pantarlih melakukan coklit ini berlangsung dengan baik, tidak ada kendala suatu hal apapun. Tidak perlu buru-buru, teliti dan Profesional dalam bertugas, karena jajaran kami Bawaslu Kabupaten Tegal juga sudah kami bekali dan diberi arahan untuk melakukan pengawasan-pengawasan terhadap jalanya tahapan coklit,” ungkapnya Sri Anjarwati.

Tahapan coklit ini Pengawas Mengawasi adalah sinergitas komitmen agar mampu menghasilkan DPT (Daftar Pemilih Tetap)  yang valid dan bersih, guna menciptakan Pemilu 2024 yang berkualitas. Masyarakat bisa ikut mengawasi, turut berpartisipasi dan tidak menutup diri jika Pantarlih mendatangi rumahnya, sehingga coklit dapat dilakukan semaksimal dan seoptimal mungkin.