Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kab. Tegal Ajak Panwaslucam Menulis Buku

Anggota Bawaslu Kab. Tegal Divisi SDMO & Diklat membuka acara Rapat Penyusunan Buku SDM Pengawas Adhoc Pemilu 2024.

Anggota Bawaslu Kab. Tegal Divisi SDMO & Diklat membuka acara Rapat Penyusunan Buku SDM Pengawas Adhoc Pemilu 2024.

Slawi – Bawaslu Kabupaten Tegal mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi Penyusunan Buku SDM Pengawas Ad Hoc Pemilu 2024 yang dilaksanakan pada hari Rabu, 10 Juli 2024 bertempat di kantor Sekretariat Bawaslu Kab.Tegal. Rapat ini dibuka oleh Anggota Bawaslu Kab.Tegal Divisi SDMO & Diklat, serta dihadiri oleh Ketua Panwaslucam se-Kabupaten Tegal sejumlah 18 (Delapan Belas) Orang. Adapun narasumber yang hadir terdiri dari Akademisi dan Penulis. Narasumber yang pertama adalah Dr. Achmad Irwan Hamzani yang merupakan akademisi dari Universitas Pancasakti Tegal. Dalam Rapat ini beliau menyampaikan materi dengan tema “Strategi Menulis Buku”. Beliau menyampaikan bahwa “Menulis buku bisa menjadi sebuah pengalaman yang menantang dan bermanfaat. Buku bisa menjadi media menyampaikan ide, cerita/pengetahuan yang berguna untuk orang lain. Menulis buku bisa mudah,bisa sulit, tergantung kemampuan dan keseriusan. Adapun tips mudah menulis buku yaitu tentukan ide,pokok, bahasan dan judul, cari referensi dari buku lain yang idenya sama dengan ide kita, lakukan penelitian, tuliskan sumber referensi serta manfaatkan outline untuk kelancaran proses menulis.”

Kemudian Narasumber yang kedua yaitu drh. Sokhidin (Penulis Buku). Beliau menyampaikan materi dengan tema “Penyusunan Buku Pengawas Adhoc Pemilu 2024”.

Beliau memberikan beberapa arahan terkait isi dalam buku yaitu :

  • Bab 1 Pendahuluan

  • Bab 2 SDM & Organisasi Bawaslu Kab.Tegal

  • Bab 3 SDM & Organisasi Pengawas Adhoc di Kabupaten Tegal.

  • Bab 4 Kerja Pengawas Pemilu Adhoc

  • Bab 5 Evaluasi, Kesimpulan & Rekomendasi.

Narasumber ketiga yaitu Subekhi Prawirodijoyo (Penulis Buku) memberikan materi dengan tema “Menulis Buku, Menulis Peristiwa”. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2010: 1497), pengertian menulis adalah melahirkan pikiran atau perasaan (seperti mengarang, membuat surat) dengan tulisan. Menulis berarti menuangkan ide si penulis ke dalam bentuk tulisan, sehingga maksud penulis dapat diketahui banyak orang melalui tulisan yang dituliskan. Kepenulisan buku adalah proses kreatif yang melibatkan penulisan, penyusunan, dan penyuntingan teks menjadi sebuah karya yang utuh dan layak diterbitkan. Menurut beliau ada beberapa langkah mudah  belajar menulis yaitu :

  1. Mencari Ide yang Unik

  2. Judul yang menarik

  3. Kata-kata yang efektif

  4. Memperhatikan Logika

  5. Ending yang Greget.

Penulis : Humas Bawaslu Kab.Tegal.