Lompat ke isi utama

Berita

PKD Pemilu 2024 Lampaui Afirmatif 30% Perempuan

PKD Pemilu 2024 Lampaui Afirmatif 30% Perempuan

Slawi- Tahapan Pemilu tahun 2024 sudah berjalan. Bawaslu Kabupaten Tegal melalui jajaran Ad hoc, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan membentuk Panitia Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa (PKD) di 18 Kecamatan dengan jumlah Desa 287 dengan kebutuhan 1 orang PKD per Desa.

Panitia Pangawas Pemilu Kecamatan se-Kabupaten Tegal secara resmi telah melantik Panitia Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa sebanyak 287 orang yang dilaksanakan pada tanggal 5 - 6 Februari 2023. PKD terlantik 287 orang terdiri dari laki-laki sebanyak 188 dan perempuan 99 orang, maka tepenuhilah keterwakilan perempuan 30 % yang mana data PKD Perempuan di Kabupaten Tegal sangat baik yaitu mencapai 34 % .
Dilantiknya PKD pada tanggal 5 Februari 2023 yaitu Panwaslucam Slawi, Balapulang, Bojong, Bumijawa, Adiwerna, Margasari, Talang, Dukuhturi, Suradadi dan Warureja. Kemudian ditanggal 6 februari 2023  yaitu Panwaslucam Pagerbarang, Dukuhwaru, Jatinegara, Lebaksiu, Tarub, Kramat, Kedungbanteng dan Pangkah.

Jajaran Bawaslu Kabupaten Tegal melakukan supervisi dan monitoring kegiatan Pelantikan yang dilakukan oleh Panwaslucam, memastikan calon PKD hadir mengikuti pelantikan dan beberapa pimpinan Bawaslu Kabupaten Tegal memberikan arahan. Salah satunya Istibsaroh, S.E anggota Bawaslu Kabupaten Tegal Divisi SDM, Organisasi dan Diklat pada pelantikan PKD se-Kecamatan Slawi di RM. Joglo Slawi menyampaikan ucapan selamat bergabung untuk menjalankan tugas-tugas pengawasan bagi terselenggaranya Pemilu 2024 yg baik dan berpesan kepada PKD terlantik untuk bekerja penuh tanggung jawab, Jaga integritas, profesionalitas, netralitas serta loyalitas. Berkolaborasi dan koordinasi melalui komunikasi dengan panwascam dan PPS dilapangan pada saat melaksanakan kerja - kerja pengawasan.