Lompat ke isi utama

Berita

Pengawasan Rapat Pleno DPHP Tingkat Kecamatan Pada Pemilihan Serentak 2024 di Kecamatan Margasari

Pengawasan Rapat Pleno DPHP di Kecamatan Margasari, Selasa 6 Agustus 2024.

Pengawasan Rapat Pleno DPHP di Kecamatan Margasari, Selasa 6 Agustus 2024. 

Margasari-Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal  melakukan pengawasan melekat terhadap proses Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Perbaikan (DPHP) pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah serta Bupati dan Wakil Bupati Tegal  di Kecamatan yang  dilaksanakan pada hari Selasa, 06 Agustus 2024 pukul 14.00 WIB. Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Margasari melakukan pengawasan terhadap jalannya Rapat Pleno di PPK.

Rapat pleno DPHP Tingkat kecamatan bertempat di Aula kecamatan Margasari. Hadir dalam acara tersebut Muspika, serta pengurus PPK dan PPS se-Kecamatan Margasari serta undangan lainya.

Pengawasan ini menitikberatkan pada mekanisme prosedural pelaksanaan Rapat Pleno Terbuka. Artinya, Panwaslu Kecamatan Margasari  memastikan bahwa PPK sebagai pelaksana dapat melakukan mekanisme dan prosedur-prosedur sesuai dengan tata peraturan yang berlaku. Pastikan juga bahwa rapat ini bersifat terbuka, artinya elemen-elemen seperti stake holder maupun elemen seperti Parpol Peserta Pemilu 2024 yang ada di Tingkat Kecamatan tersebut juga diundang. Semua mendapatkan salinan asli BA Plenonya. 

Dalam rapat pleno tersebut, Ketua PPK membacakan Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Perbaikan yang telah disusun oleh PPK. Peserta rapat diberikan ruang untuk menyampaikan tanggapan terhadap hasil Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Perbaikan yang telah dibacakan. Pada kesempatan ini, Panwaslu Kecamatan Margasari memastikan kepada PPK mengenai data pemilih tidak memenuhi syarat (TMS) yang pada proses Coklit masih terdaftar di DP4 sudah benar-benar dicoret dari DPHP. Selain itu, Panwaslu Kecamatan Margasari juga memastikan PPK menelusuri dan mencermati data pemilih memenuhi syarat (MS) tetapi tidak terdaftar dalam DP4 dimasukkan dalam Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP).

Penulis : Panwaslucam Margasari.