Lompat ke isi utama

Berita

Pastikan DPS terpasang, Bawaslu Kab Tegal lakukan Supervisi Pengawasan di Desa Kajenengan Kec. Bojong

Supervisi Pengawasan di Desa Kajenengan kec. Bojong.

Supervisi Pengawasan di Desa Kajenengan kec. Bojong.

Bojong-Bawaslu Kabupaten Tegal beserta jajaran Panwaslu Kecamatan Bojong pada hari selasa 20 Agustus 2024 melakukan Supervisi terhadap pengawasan Pengumuman DPS (Daftar Pemilih Sementara) Pilkada serentak 2024 di Desa kajenengan kecamatan Bojong Kabupaten Tegal. Desa kajenengan merupakan desa paling timur di kecamatan Bojong yang berbatasan dengan kecamatan Jatinegara dan berbatasan lintas kabupaten juga, tepatnya berbatasan langsung dengan kecamatan Moga Kabupaten Pemalang.

Menurut Sri Anjarwati Anggota Anggota Bawaslu Kabupaten Tegal Divisi P2H mengatakan, pengawasan terhadap pengumuman DPS ini penting, Hal ini untuk memastikan  DPS di pasang di tempat-tempat strategis, misal di  Balai desa atau di tempat strategis  di tiap-tiap Rukun Tetangga (RT) supaya masyarakat bisa melihat DPS tersebut, untuk memastikan apakah mereka sudah masuk ke dalam daftar pemilih atau belum. 

Ketika sampai di Balai Desa Kajenengan, Rombongan Bawaslu tidak melihat DPS terpasang di papan pengumuman yang berada di Balai Desa tersebut. Kemudian anggota Bawaslu Kabupaten yang biasa di panggil Bu Anjar tersebut  memanggil PPS yang kebetulan ada di Balai Desa tersebut untuk klarifikasi mengapa DPS tidak di pasang di papan pengumuman. Menurut M. Yusuf ketua PPS Kajenengan DPS tidak di pasang di Balai desa karena sudah di Pasang di tempat-tempat Strategis sesuai TPS. Selanjutnya Sri anjarwati memberikan masukan sebagai saran perbaikan kepada PPS mewakili PKD kajenengan agar PPS segera memasang DPS di Papan Pengumuman di Balai Desa, walaupun sudah di Pasang di tempat-tempat strategis sesuai TPS. Karena bagaimanapun juga untuk di Desa, tempat yang paling strategis ya di balai Desa.   

Sebelumnya selama perjalanan menuju ke Desa Kajenengan rombongan Bawaslu Kab. Tegal dan Panwaslu Kecamatan Bojong juga melakukan pengawasan Pengumuman DPS di desa Yang di lewati ke arah Desa Kajenengan, yaitu Desa lengkong dan Desa Pucangluwuk untuk memastikan apakah DPS sudah terpasang atau belum. Di kedua Desa tersebut DPS sudah di pasang di papan pengumuman Di Balai Desa.

Penulis : Panwaslucam Bojong