Lompat ke isi utama

Berita

Generazi Z dan Komunitas Disabilitas ikut berpartisipatif dalam Pengawasan Pemilu

Generazi Z dan Komunitas Disabilitas ikut berpartisipatif dalam Pengawasan Pemilu

Tegal – Bawaslu Kabupaten Tegal telah melaksanakan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif membuka Ruang Produktif Bagi Disibalitas dan generazi Z,  di Permata Inn Hotel, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal, Jumat (18/11/2022), Pukul 08.00 sd 16.00 Wib. Kegiatan tesebut dihadiri oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Tegal, Perwakilan Osis dari SMA/SMK/MAN Kabupaten Tegal dan Komunitas Difabel Slawi Mandiri (DSM).

Dalam Sambutan sekaligus pembukaan acara tersebut, Ketua Bawaslu Kabupaten Tegal Ikbal Faizal, M.Pd. mengatakan salah satu program kerja Bawaslu kabupaten Tegal yaitu melaksanakan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif membuka ruang produktif bagi disabilitas dan generasi Z agar generasi muda perwakilan SMA/SMK/MAN dan komunitas difabel slawi mandiri Kabupaten Tegal mempunyai pengetahuan dan kemampuan dalam bidang pengawasan Pemilu/ Pemilihan. Dengan harapan jika sudah memasuki tahapan Pemilu dan Pemilihan serentak 2024 dapat berperan aktif dalam pengawasan Partisipatif dan berharap setelah acara ini peserta yang mengikuti kegiatan dapat menyebarkan ilmunya kepada masyarakat secara luas.

sebagai narasumber pertama pada kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif yaitu Dr. Radian Syam, SH. MH menyampaikan asas dasar pemilu yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil serta tujuan dari pengawasan partisipatif yang biasa dilakukan oleh generazi Z dan komunitas Disabilitas ikut serta mengawasi dan memastikan pemilu yang jurdil mewujudkan pemilu yang demokratis.

narasumber kedua yaitu Sri Anjarwati, M.Kom menyampaikan dalam materinya yaitu Keterlibatan Masyarakat dalam setiap tahapan pemilu dan pemilihan menjadi Langkah strategis untuk mengawal proses demokrasi sehingga dapat menghasilkan pemimpin yg amanah dan berkualitas. Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat dalam hal ini temen-temen disabilitas dan generasi Z sadar akan pentingnya menjaga perilaku untuk kemajuan sendi-sendi demokrasi, sehingga mampu mendorong pemilu yg berkualitas dan bermartabat serta ikut berperan aktif dalam pengawasan partisipatif.

Setelah penyampaian materi oleh narasumber  acara dilanjutkan dengan tanya jawab dan peserta sangat antusias dalam kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif tersebut.