Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Gelar Pendidikan Pengawas Partisipatif Tahun 2022

Bawaslu Gelar Pendidikan Pengawas Partisipatif Tahun 2022

Semangat Bawaslu dalam meningkatkan Pengawasan Pemilu Partisipatif masyarakat Indonesia salahsatunya melalui kegiatan Pendidikan Pengawas Partisipatif tahun 2022 bertemakan “Perempuan Berdaya Mengawasi” yang di selenggarakan oleh Bawaslu Republik Indonesia di Kabupaten Tegal Hotel Grand Dian Guci selama 3 hari tanggal 21-23 November 2022.

Peserta kegiatan adalah dari 10 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah dari unsur Organisasi masyarakat, dengan jumlah peserta sebanyak 85 orang dan Tim Fasilitator yang terdiri dari Bawaslu Kabupaten Tegal, Kabupaten Pemalang, Kota Tegal, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Semarang, Kabupaten Banjarnegara, Kota Magelang, Kota Salatiga, Kota Pekalongan.

Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah yang Mohamad Amin, membuka secara resmi kegiatan. Menurutnya, Peserta muda mudi yang terdiri dari beberapa organisasi menjadi satu di dalam kegiatan ini, harapannya peserta menjadi kader pengawasan partisipatif di wilayah masing—masing, menginformasikan kepada masyarakat terkait pemilu, embrio ini menjadi suatu virus yang menyebar di proses pengawasan partisipatif di masyarakat.

Kepala Badan Kesbangpol Drs. Abasari, M.Hum, mewakili Bupati Tegal menyampaikan bahwasanya Kita meminta dukungan semua pihak agar pendidikan pengawas harus ditekankan, dikuatkan dan diintensifkan, kita hilangkan langit langit kaca yang mungkin menjadi penghalang dan menghambat perempuan untuk terlibat secara politik. Kita menyambut pemilu ini sebagai pesta gemilang dan berharap pemilu ini melahirkan pemimpin dan wakil rakyat yang memperjuangkan kepentingan rakyat.

Peserta yang hadir mengikuti materi-materi yang disampaikan oleh narasumber yaitu dari Dosen Universitas Pancasakti Tegal, Dr. Hamidah Abdurrachman , S.H.,M.Hum, Eka Ernawati dan Anggota Bawaslu Kabupaten /Kota tim Fasilitator.