Lompat ke isi utama

Berita

Tingkatkan Kapasitas dan Kapabilitas Panwaslucam

Tingkatkan Kapasitas dan Kapabilitas Panwaslucam

Slawi – Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Kabupaten Tegal laksanakan Rapat Fasilitasi Pengawasan Penyelenggaran Tahapan Pemilu Tahun 2024 bersama Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (PANWASLUCAM) Se-Kabupaten Tegal di Gedung Pertemuan Grand dian. Slawi, 14 Desember 2022.

Kegiatan ini bertajuk “Penataan Dapil dan Alokasi Kursi DPRD Kabupaten” yang dihadiri oleh anggota Panwaslucam divisi SDM, Organisasi dan Datin serta divisi Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas.

Istibsaroh, S.E. Anggota BAWASLU Kabupaten Tegal Divisi SDM dan Organisasi selaku Person In Charge (PIC) menuturkan, “Kegiatan tersebut dilaksanakan guna meningkatkan kapasitas dan kapabilitas SDM berkaitan dengan tahapan pemilu yang sedang diselenggarakan saat ini seperti Verifikasi Faktual Partai Politik, Penetapan Peserta Pemilu, dan Penataan Dapil dan Alokasi Kursi DPRD Kabupaten,”.

“Harapanya, Panwaslucam paham dan mengetahui prinsip penataan dapil, Di Kabupaten Tegal sendiri terjadi penambahan jumlah penduduk yang tidak signifikan sehingga tidak mengubah jumlah dapil dan kursi DPRD Kabupaten saat ini, perubahan bisa terjadi jika ada penambahan hingga 3 juta penduduk,”ungkapnya.

Selanjutnya, Trisiana Resmiyati Anggota PANWASLUCAM Suradadi, di sela rapat menyampaikan “Kegiatan tersebut sangat positif untuk menambah wawasan terkait pengawasan apalagi untuk yang masih awam di dunia pengawasan pemilu”.

“Dengan adanya kegiatan ini, saya menjadi lebih paham tentang tugas pengawasan,”tutupnya.

Kontributor : Panwaslucam Suradadi