Lompat ke isi utama

Berita

Rapat Pleno DPHP Kecamatan Dukuhturi, Panwaslu Memberikan Saran Perbaikan.

Panwaslu Kecamatan Dukuhturi Menghadiri Rapat Pleno DPHP, Selasa 6 Agustus 2024

Panwaslu Kecamatan Dukuhturi Menghadiri Rapat Pleno DPHP, Selasa 6 Agustus 2024 

Dukuhturi, [6/8/2024] – PPK Kecamatan Dukuhturi Menggelar Rapat Pleno Terbuka di Aula Kecamatan Dukuhturi. Rapat pleno dihadiri oleh berbagai pihak peserta rapat pleno parpol,forompincam serta Panwaslu kecamatan. Panwaslu dalam pengawasan memastikan pelaksanaan pemilih hasil pemutahiran (DPHP) ditingkat kecamatan dalam setiap tahapan sesuai dengan tahapan dan sesuai  dengan aturan yang yang belaku.

Panwaslu Kecamatan Dukuhturi menekankan pentingnya pengawasan yang ketat pada tahapan Coklit. Setiap proses pencocokan dan penelitian data dilakukan dengan teliti untuk memastikan keakuratan daftar pemilih sehingga  tidak ada warga yang terlewat atau terdaftar ganda.

Selama rapat pleno berlangsung, Panwaslu memberikan beberapa Saran perbaikan (Sarper) dalam tahapan pencocokan data pemilih (Coklit) bahwa dalam pengawasan ada masyarakat yang belum tercoklit. Panwaslu kecamatan bersama PKD melakukan uji petik terhadap data pemilih dilakukan secara acak di beberapa wilayah Kecamatan Dukuhturi, panwaslu kecamatan Dukuhturi juga menyisir beberapa wilayah yang rawan contohnya pemilih Disabilitas serta pemilih yang belum tercoklit dan ditemukanlah masyarakat yang belum tercoklit. Langkah ini untuk memastikan pemilih yang sudah memenuhi syarat masuk dalam Daftar pemilih nantinya, serta data yang terkumpul sesuai dengan kondisi nyata di lapangan, dan segala ketidaksesuaian untuk segera diperbaiki untuk menjaga integritas data pemilih.

”Panwaslu Kecamatan juga menjelaskan tentang Patroli kawal hak pilih yang menjadi fokus utama dalam rapat ini. Panwaslu Kecamatan Dukuhturi memberikan saran perbaikan dan masukan terhadap PPK Dukuhturi karena ada beberapa orang belum tercoklit selama melakukan patroli dan penyisiran DPK pemilu Presiden dan wakil presiden pada pemilu kemaren. Dengan adanya patroli ini, diharapkan hak suara setiap warga dapat terlindungi secara optimal Ujar Ketua Panwaslu Kecamatan dukuhturi Khafid”.

Selain Patroli kawal hak pilih panwaslu kecamatan juga mengajak peserta rapat pleno dan juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berperan aktif bersama-sama mengawasi pemilihan daerah dan memastikan data pemilih  sudah terdaftar dengan benar serta tercipta pemilihan umum yang langsung ,umum ,bebas,bersih, adil,rahasia sesuai azaz pemilu.

Penulis : Panwaslucam Dukuhturi