Lompat ke isi utama

Berita

Pastikan Warga Sudah Masuk Daftar Pemilih, Panwaslu Kecamatan Bojong Lakukan Patroli Kawal Hak Pilih

Patroli Kawal Hak pilih di lapangan Desa Buniwah kecamatan Bojong pada tanggal 17 Agustus 2024

Patroli kawal Hak pilih di lapangan Desa Buniwah kecamatan Bojong pada tanggal 17 agustus 2024

Bojong - Menjadi pemilih pada gelaran Pilkada serentak 2024 merupakan hak setiap warga negara Indonesia yang sudah memenuhi syarat untuk jadi pemilih. Maka dari itu bawaslu sebagai Lembaga yang mengawasi pemilu termasuk pada gelaran pilkada ini perlu kiranya untuk mengawasi setiap tahapan khususnya pada tahapan pemutakhiran daftar pemilih dari mulai pencoklitan sampai pada pemungutan suara nanti. 

Itu merupakan sekelumit kata yang di sampaikan oleh ketua Panwaslu kecamatan Bojong, Hadi Nuryanto, pada saat pelaksanaan Patroli kawal Hak pilih yang di lakukan oleh jajaran Panwaslu kecamatan Bojong di lapangan Desa Buniwah kecamatan Bojong pada tanggal 17 agustus 2024 pukul 16.00 WIB setelah selesai acara karnaval Tingkat kecamatan Bojong. Dimana sebelumnya jajaran panwaslu kecamatan Bojong beserta sekertariat dan Pengawas Desa (PKD) se kecamatan Bojong juga ikut serta dalam karnaval yang dilakukan oleh Panitia Peringatan 17 Agustus Kecamatan Bojong.

Hadi menambahkan, patroli kawal hak pilih ini sengaja dilakukan di tempat keramaian setelah acara karnaval, dimana di sini banyak orang berkumpul. Ini sangat bermanfaat untuk mencoba mengecek NIK warga yang sudah memenuhi syarat untuk menjadi pemilih apakah sudah masuk kedalam daftar pemilih atau belum. Kawal hak pilih yang di lakukan oleh Pengawas pemilu ini penting untuk mengawal pemilih, juga untuk memastikan warga Masyarakat sudah masuk ke dalam daftar pemilih. jangan sampai orang yang sudah mempunyai hak pilih ternyata belum terdaftar sebagai pemilih di Pilkada 2024 ini. 

Menurut salah seorang PKD dari desa Gunung jati yang ikut serta dalam patrol kawal hak Pilih, Novi Miftakhu Rizky, yang mengecek secara langsung beberapa warga yang ada di lapangan Buniwah mengatakan dari 8 orang warga yang di cek NIK nya semuanya sudah terdaftar masuk ke dalam daftar pemilih. Menurutnya, warga yang di cek NIK nya tidak merasa keberatan, justru sebaliknya mereka merasa senang karena dapat mengetahui kalo ternyata dirinya sudah masuk ke dalam daftar Pemilih. 

Penulis : Panwaslucam Bojong