Lompat ke isi utama

Berita

Pastikan Hak Pilih Masyarakat terjaga, Panwaslucam Lebaksiu Gelar Patroli Kawal Hak Pilih

Kegiatan Patroli KawalHak Pilih Pada Acara Jalan Sehat di Desa Lebaksiu Kidul, Senin 26 Agustus 2024.

Kegiatan Patroli KawalHak Pilih Pada Acara Jalan Sehat di Desa Lebaksiu Kidul, Senin 26 Agustus 2024.

Lebaksiu, 26 Agustus 2024 –  Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Lebaksiu melaksanakan patroli Kawal Hak Pilih pada Acara jalan sehat dalam rangka HUT RI Ke 79 yang diadakan oleh Pemerintah Desa Lebaksiu. Acara jalan sehat ini digelar tanggal 25 Agustus 2024 di depan halaman Balai desa Lebaksiu Kidul. Patroli ini dilakukan untuk mengawasi dan memastikan hak pilih masyarakat terlindungi sehingga pemilihan serentak tahun 2024 berlangsung secara adil dan transparan.

Kegiatan Patroli Kawal Hak Pilih yang dimulai pukul 08.00 WIB ini melibatkan anggota Panwaslu Kecamatan Lebaksiu serta Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) Se-Kecamatan Lebaksiu. Patroli ini bertujuan untuk mengetahui dan memastikan bahwa semua pemilih yang Memenuhi syarat (MS) terdaftar dalam daftar pemilih pada Pemilihan Serentak 2024 mendatang sehingga masyarakat dapat menyalurkan hak pilihnya pada tanggal 27 November mendatang.

Ketua Panwaslu Kecamatan Lebaksiu, Imron Tabrani,  menjelaskan bahwa patroli ini merupakan bagian dari langkah preventif untuk mengantisipasi kemungkinan masih adanya warga yang belum masuk pada daftar pemilih. “Patroli Kawal Hak Pilih ini bertujuan untuk memastikan bahwa hak pilih masyarakat tidak terabaikanhaknya sehingga proses Pilkada 2024 berlangsung sesuai dengan prinsip demokrasi,” ujar Imron.

Selama patroli, tim Panwaslu melakukan berbagai aktivitas, seperti melakukan pengecekan NIK melalui laman https://cekdptonline.kpu.go.id/ , serta menerima aduan dari masyarakat terkait masalah daftar pemilih bagi masyarakat yang belum terdaftar dalam DPS.

Patroli ini juga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap proses tahapan Pilkada Serentak Tahun 2024 dengan menunjukkan komitmen Panwaslu dalam menjaga integritas. Kordiv HP2H Panwaslu Kecamatan Lebaksiu, Ibni Trisal Adam, menambahkan, “Kami ingin masyarakat merasa yakin bahwa hak mereka sebagai pemilih dihargai dan dilindungi hak suaranya. Patroli ini adalah salah satu upaya kami untuk memastikan hal tersebut.”

Para anggota tim patroli juga menyampaikan informasi dan edukasi kepada pemilih tentang pentingnya memeriksa DPS melalui laman https://cekdptonline.kpu.go.id/ atau melakukan kroscek langsung pada DPS yang sudah ditempel oleh PPS, dan melaporkan jika ada ketidaksesuaian data pemilih. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam proses pemilihan.

Patroli Kawal Hak Pilih oleh Panwaslu Kecamatan Lebaksiu merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk memastikan Pemilihan Serentak 2024 berjalan lancar, adil, dan demokratis. Panwaslu kecamatan Lebaksiu berkomitmen untuk mengawal hak pilih hingga hari pemungutan suara pada Pemilihan Serentak Tahun 2024..

Penulis : Panwaslu Kecamatan Lebaksiu