Lompat ke isi utama

Berita

PANWASLUCAM BUMIJAWA MENJAMIN HAK SELURUH WARGA

Panwaslu Kecamatan Bumijawa Bersama Panwaslu Kelurahan/Desa Bumijawa Melaksanakan Patroli Kawal Hak Pilih Pada Kegiatan Grebek Suro, Jum’at Tanggal 12 Juli 2024  Di Desa Cintamanik.

Panwaslu Kecamatan Bumijawa Bersama Panwaslu Kelurahan/Desa Bumijawa Melaksanakan Patroli Kawal Hak Pilih Pada Kegiatan Grebek Suro, Jum’at Tanggal 12 Juli 2024  Di Desa Cintamanik.

Bumijawa-Pemilihan Serentak 2024 di Indonesia diwarnai oleh semangat partisipasi dan pengawasan yang tinggi dari berbagai elemen masyarakat. Pengawasan pemilu tidak hanya dilakukan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), tetapi juga melibatkan berbagai organisasi non-pemerintah, lembaga pemantau independen, dan masyarakat sipil.

Pada Hari Jum’at Tanggal 12 Juli 2024 Kami Panwaslu Kecamatan Bumijawa Bersama Panwaslu Kelurahan/Desa Bumijawa Melaksanakan Patroli Kawal Hak Pilih Pada Kegiatan Grebek Suro yang diadakan Oleh Sebuah Kelompok Masyarakat di Desa Cintamanik.  Grebek Suro itu Sendiri bertujuan untuk memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H dan dapat mempererat tali silaturahmi, keakraban, dan kebersamaan antar warga.

Cintamanik Merupakan salah satu Desa di Kecamatan Bumijawa yang Memiliki Akses Jalan Susah di jangkau karena medan dan Rutenya yang Harus memutar, untuk Sampai di sana dari Kantor Panwaslu Kecamatan Bumijawa membutuhkan Waktu 30 menit bagi Orang yang terbiasa Melawati Medan Pegunungan.

Wilayah yang cukup luas dengan Medan sulit menjadi Alasan kami Panwaslu Kecamatan Bumijawa melakukan Patroli Kawal Hak Pilih, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk pengawasan terhadap Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tetap ( DPT ) menjadi salah satu fokus utama untuk memastikan proses pemilihan berjalan dengan transparan dan akuntabel

Di era digital yang semakin maju, Pemilihan Serentak 2024 memperkenalkan inovasi baru untuk memudahkan masyarakat dalam memastikan hak pilih mereka terdaftar dengan benar. Salah satu inovasi tersebut adalah Cek DPT Online. Dengan hanya beberapa klik, warga dapat memeriksa apakah nama mereka sudah tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Itulah yang kami lakukan dalam Acara Grebek Suro ini, kami mendatangi Beberapa  warga untuk Bersama-sama Mengecek apakah yang bersangkutan sudah terdaftar dalam DPT atau belum selain Itu Kami melakukan kunjungan langsung untuk memastikan layanan ini dikenal oleh seluruh warga. Kami Juga mengadakan sosialisasi untuk memberikan penjelasan langsung tentang cara menggunakan layanan Cek DPT Online. Upaya ini memastikan bahwa Hak Pilih Seluruh Warga Terjamin, termasuk mereka yang tinggal di daerah terpencil.

Kegiatan Patroli Kawal Hak Pilih ini tidak hanya memastikan akurasi data pemilih, tetapi juga membangun kepercayaan masyarakat terhadap proses Pemilu. Melalui kerja keras dan dedikasi para Pengawas, lebih banyak warga yang merasa yakin bahwa suara mereka akan dihitung dengan benar dan adil.

Penulis : Panwaslucam Bumijawa.