Lompat ke isi utama

Berita

LAKUKAN PENCERMATAN, PANWASLU KECAMATAN SLAWI TEMUKAN POTENSI PEMILIH TIDAK MEMENUHI SYARAT MASIH TERCANTUM DALAM DAFTAR PEMILIH SEMENTARA (DPS)

LAKUKAN PENCERMATAN, PANWASLU KECAMATAN SLAWI TEMUKAN POTENSI PEMILIH TIDAK MEMENUHI SYARAT MASIH TERCANTUM DALAM DAFTAR PEMILIH SEMENTARA (DPS)

LAKUKAN PENCERMATAN, PANWASLU KECAMATAN SLAWI TEMUKAN POTENSI PEMILIH TIDAK MEMENUHI SYARAT MASIH TERCANTUM DALAM DAFTAR PEMILIH SEMENTARA (DPS), SLAWI, 20 AGUSTUS 2024.

Slawi - Panwaslu Kecamatan Slawi melakukan pengawasan dengan mencermati potensi Tidak Memenuhi Syarat di 10  (Sepuluh) Kelurahan/Desa di Kecamatan Slawi. Pencermatan data merupakan rangkaian pengawasan tahapan pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih pada Pemilihan Serentak 2024.

Sebelumnya Panwaslu Kecamatan telah menerima Salinan DPS pada tanggal 18 Agustus 2024 melalui PPK Kecamatan Slawi dalam bentuk PDF yang kemudian dilakukan pencermatan oleh jajaran Panwaslu Kecamatan Slawi dan jajaran Pengawas Kelurahan/Desa. Hasil pengawasan yang  telah dilakukan oleh Panwaslu Kecamatan Slawi ditemukan potensi Tidak memenuhi syarat (TMS) Pemilih Meninggal Dunia dalam kecamatan sejumlah 45 nama pemilih yang masih tercantum di Daftar Pemilihn Sementara. 

Selanjutnya, menurut Anggota Panwaslu Kecamatan Slawi Divisi HP2H Gunawan Fandy Hartanto SH, Panwaslu Kecamatan Slawi telah menyampaikan hasil pengawasan terkait potensi Pemilih Tidak Memenuhi Syarat kepada PPK Kecamatan Slawi untuk dilakukan pencermatan kembali sehingga saat penyusunan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dapat sesuai dengan realita di lapangan walaupun daftar pemilih masih akan dinamis. 

Sebagai informasi bahwa masyarakat dapat memberikan masukan dan tanggapan atas DPS yang telah diumumkan pada tanggal 18 Agustus s.d 27 Agustus 2024. Masyarakat dapat melaporkan kepada Panwaslu Kecamatan Slawi  dan jajarannya jika ditemukan adanya ketidaksesuaian data. 

Lebih lanjut Fandy sapaan Akrabnya juga menerangkan bahwa jajaran pengawas di tingkat Kelurahan/Desa saat ini sedang mencermati kembali data Pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS ) yang masih terdaftar dalam DPS atau sebaliknya pemilih yang memenuhi syarat (MS) tapi terlewat belum tercantum di DPS. Nantinya data yang telah dicermati akan disampaikan juga ke jajaran badan ad hoc PPK Kecamatan Slawi dan jajaran ditingkat Desa yaitu PPS yang ada di Kecamatan Slawi.

Penulis : Panwaslucam Slawi