Lompat ke isi utama

Berita

Kawal Hak Pilih, Bawaslu Kabupaten Tegal dan Panwaslucam Pangkah Laksanakan Supervisi Pencermatan DPS

Supervisi Pencermatan DPS di Desa Talok.

Supervisi Pencermatan DPS di Desa Talok

Pangkah - Kamis 22 Agustus 2024, Bawaslu Kabupaten Tegal dan Panwaslucam Pangkah melaksanakan Supervisi Pencermatan DPS (Daftar Pemilih Sementara) yang diumumkan dan dipasang oleh PPS Desa se-Kecamatan Pangkah,untuk kali ini supervisi dilaksanakan di Desa Balamoa, Desa Rancawiru dan Desa Talok. Dalam kegiatan supervisi koordinator divisi Penanganan pelanggaran & informasi Komisioner Bawaslu Kabupaten Tegal Bapak  Dedi Kusdiyanto S.T menyampaikan bahwa pengumuman DPS harus di umumkan selama 10 hari dimulai dari tanggal 18 Agustus 2024 sampai tanggal 27 Agustus 2024 dengan menempelkan DPS di papan pengumuman yang terdapat di kantor/desa diseluruh desa dikecamatannya masing-masing, dan juga disampaikan melalui media sosial pelaksana teknis pemilihan Pilkada serentak baik di tingkat PPS ataupun PPK.

Ketua Panwascam Pangkah Tri Artin Mulyani beserta Anggota Panwascam Pangkah Abni Mudlofir memastikan bahwa DPS di umumkan  dengan menampilkan daftar nama pemilih secara benar tidak ada satu huruf pun yang salah, dan harus berurutan berdasarkan abjad dan juga memastikan bahwa nama-nama yang TMS (Tidak Memenuhi Syarat) terutama pemilih yang sudh meninggal dunia paska pleno DPHP (Daftar Pemilih Hasil Perbaikan) sudah tidak masuk ke dalam DPS.

Dalam kegiatan patroli kawal hak pilih tersebut, jumlah DPS pada Desa Balamoa jumlah total keseluruhan adalah 4548 terdiri dari laki-laki 2311 dan perempuan 2237,Desa Rancawiru jumlah total keseluruhan DPS yaitu 3213 terdiri dari jumlah laki-laki 1645 jumlah perempuan 1568 dan untuk Desa Talok jumlah keseluruhan DPS adalah 2217 terdiri dari jumlah laki-laki 1100 dan perempuan 1117.

Untuk sementara waktu supervisi yag dilakukan Bawaslu Kabupaten Tegal beserta Panwascam Pangkah tidak menemukan adanya indikasi yang menyalahi aturan yang berlaku. Namun demikian Panwaslu Kecamatan Pangkah akan terus melakukan patroli kaal hak pilih untuk memastikan semua data yang disajikan oleh pihak PPS ataupun PPK akurat, mutakhir dan komprehensif.

Penulis : Panwaslucam Pangkah.