Lompat ke isi utama

Berita

Ikbal : Pembentukan Desa Pengawasan dan Anti Politik Uang Akan Lebih Dikembangkan di 2021

Ikbal : Pembentukan Desa Pengawasan dan Anti Politik Uang Akan Lebih Dikembangkan di 2021

Slawi – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum  Ikbal Faisal beberkan rencana kegiatan yang akan dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Tegal selama kurun waktu tahun 2021 dalam talkshow daring Obrolan Pemilu dan Demokrasi (OPSI), yang disiarkan secara live melalui kanal Youtube dengan tajuk “Apa Sih Kerjane Bawaslu Kabupaten Tegal Ning Taun 2021?.” Acara berlangsung hampir 1 jam dan disiarkan dari Ruang Siar Bawaslu Kabupaten Tegal Jalan Merak 1B, Slawi Kulon, Slawi, Rabu (17/02/2021) yang dipandu oleh host Abdi Mulyawan, S.H. (Staff Analis Hukum) Bawaslu Kabupaten Tegal.

Menurut Ikbal di tahun 2021 kegiatan yang menjadi skala prioritas yaitu Desa Pengawasan (DESPAS) dan Desa Anti Politik Uang (DESAPU). Sebelumnya memang di tahun 2019 telah diawali dengan inisiasi pembentukan 3 desa pengawasan dan 3 desa anti politik uang, oleh sebab itu tahun ini ditargetkan akan lebih dikembangkan lagi dengan membentuk di 8 desa lainnya, sementara itu desa yang sudah terbentuk sebelumnya akan dilakukan pembinaan.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa  selain pengembangan Despas dan Desapu juga banyak program kegiatan lain yang sudah masuk di dalam rencana giat Bawaslu Kabupaten Tegal ke depan antara lain : sosialisasi pengawasan pertisipatif pemilu baik yang dilakukan secara tatap muka terbatas maupun secara daring, goes to school/campus, talkshow daring, webinar, pembuatan buletin, peningkatan kapasitas jajaran internal Bawaslu Kabupaten Tegal serta sinergitas dengan mitra kerja dan stakeholders. Mengingat kondisi Pandemi Covid-19 masih belum berakhir tentunya seluruh kegiatan yang akan dilakukan mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh otoritas pemerintah baik pusat maupun daerah dalam rangka mendukung upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Harapannya kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan dapat memberikan gambaran informasi kinerja Bawaslu Kabupaten Tegal sekaligus mampu memberikan edukasi atau pendidikan politik kepada masyarakat tentang demokrasi, pemilu/ pilkada dan kelembagaan penyelenggara pemilu terutama Bawaslu. Obrolan Pemilu dan Demokrasi (OPSI) merupakan acara  talkshow yang dikemas secara daring sejak tahun lalu dan kali ini merupakan edisi 1 tahun 2021. Dibawakan secara lugas dengan bahasa campuran Jawa logat Tegal dan bahasa Indonesia agar pesan yang disampaikan dapat lebih mudah diterima oleh masyarakat khususnya di Kabupaten Tegal.