Lompat ke isi utama

Berita

Hadirkan Tim Humas Bawaslu Jateng, Pelatihan Public Speaking dan Broadcasting Digelar

Hadirkan Tim Humas Bawaslu Jateng, Pelatihan Public Speaking dan Broadcasting Digelar

Keseriusan Bawaslu Kabupaten Tegal untuk meningkatkan kapasitas SDM dalam menyajikan publikasi kinerja kelembagaan kepada masyarakat luas di era digital, salah satunya dilakukan melalui kegiatan Pelatihan Public Speaking & Broadcasting dengan tema “Let’s Be A Good MC, Host & Broadcaster” yang diselenggarakan di Meeting Room, Kantor Bawaslu Kab. Tegal, Kamis, (17/02/2022). Adapun peserta kegiatan adalah Jajaran Kesekretariatan dan Pimpinan Bawaslu Kab. Tegal yang mengikuti dari awal hingga akhir acara mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB. Narasumber dihadirkan dari Tim Humas Bawaslu Provinsi Jawa Tengah yang telah banyak memiliki kemampuan dan pengalaman di bidang kehumasan dengan masing-masing spesialisasi, yaitu Yusuf Manggala Adityatama, Setiadi Kurniawan, dan Bayu Bijagsana. 

Ketua Bawasu Kab. Tegal, Ikbal Faizal, M.Pd. yang berkesempatan membuka secara resmi kegiatan, pada saat  menyampaikan sambutan dan arahan kepada mengatakan bahwa , “ Sebaiknya para peserta dapat optimalkan kesempatan yang ada. Hasil kegiatan yang dibuat di awal tahun dapat dipraktekkan ke depan”. Selanjutnya Anggota Bawaslu Kab. Tegal, Istibsaroh, S.E., menyampaikan ucapan  terima kasih kepada para narasumber atas kehadiran dan kesediaan mengisi acara pelatihan. “ Staf gali dan cari ilmu yang belum didapat kepada narasumber dengan cara ikuti dan cerna ilmu yag disampaikan dengan baik serta aplikasikan”, tegasnya. 

Di sisi yang lain Harpendi Dwi P., S.I.Kom., M.H., Koordinator Divisi Hukum, Humas, dan Data Informasi, mengatakan “ Tim Humas Bawaslu Provinsi Jawa Tengah tidak usah diragukan lagi kemampuan dan kapasitasnya, dibuktikan dengan berbagai prestasi kehumasan yang telah diraih oleh Bawaslu Provinsi Jawa Tengah adalah hasil kerja-kerja mereka. Sebagai Pimpinan tentu  akan selalu memberi motivasi kepada jajaran  staf sekretariat untuk selalu belajar. Up-grading harus sering dilakukan dengan memberikan bekal keterampilan (soft skill) dan kecakapan (life skill) guna menunjang kinerja pengawasan yang sangat bermanfaat bagi lembaga”, ujarnya.

Yusuf Manggala, memberikan materi pertama pada kegiatan tersebut dengan mengupas public speaking disertai dengan tips dan trick mengasah kemampuan berbicara di depan audience dengan baik. Dilanjutkan materi tentang broadcasting oleh Setiadi Kurniawan (Dede). Menurutnya penggunaan media sosial khususnya di Kab. Tegal yang terdiri dari 18 kecamatan dengan jumlah penduduk yang cukup besar tentunya menjadi sebuah kebutuhan, untuk memperkenalkan dan meningkatkan reputasi lembaga Bawaslu Kabupaten Tegal secara cepat dan efektif. Informasi seputar aktivitas kelembagaan dikemas dan disajikan dalam bentuk konten-konten menarik, kemudian dipublikasikan melalui platform media sosial yang saat ini banyak digandrungi oleh masyarakat seperti instagram, facebook, youtube , twitter dan tiktok.

Bayu Bijagsana menambahkan dengan memaparkan cara memproduksi konten media sosial yang lebih menarik dan kreatif, misal pembuatan konten Informasi Layanan Masyarakat (ILM), liputan maupun reportase. Menurutnya konten dapat dibuat dengan mengangkat isu yang sedang trend dan up to date saat ini, berkaitan dengan kelembagaan maupun kepemiluan.

Pelatihan dimaksimalkan dengan memberikan kesempatan kepada peserta satu persatu mempraktekkan kemampuan public speaking menjadi MC, host dan moderator baik untuk acara formal maupun informal. Sedangkan kemampuan broadcasting peserta praktek langsung membuat Voice Over, peliputan dan reportase untuk kegiatan-kegiatan yang didokumentasikan secara audio visual.

Kegiatan Pelatihan tetap menerapkan protokol kesehatan terkait Pandemi Covid-19. Peserta dan narasumber meskipun semuanya telah divaksin, tetap diwajibkan untuk dicek suhu badan, menggunakan masker dan cuci tangan dengan hand sanitizer/ air mengalir yang telah disediakan oleh penyelenggara.