Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kabupaten Tegal Paparkan Draft RAB Pilkada 2023

Bawaslu Kabupaten Tegal Paparkan Draft RAB  Pilkada 2023

Slawi- Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Tegal memaparkan draft Rancangan Anggaran melalui Rapat Koordinasi Pengajuan Anggaran Pilkada (Bawaslu) Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Sekretariat Daerah, Pemerintah Kabupaten Tegal, bertempat di Ruang Rapat Sekda Gedung A Lt. 2 Pemerintah Kabupaten Tegal, Selasa (27/10/2020). Rakor dipimpin oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Sekretariat Daerah Kabupaten Tegal ( Drs. Dadang Darusman, M.M. ) yang dihadiri antara lain : Ketua dan Anggota ( Ikbal Faizal, M.Pd., Sri Anjarwati, M.Kom., Istibsaroh, S.E., Harpendi Dwi P., A.Md., S.I.Kom. ), serta Korsek dan BPP Bawaslu Kabupaten Tegal (Mohammad Solehudin, S.I.P. dan Kuswantoro), unsur Pemerintah Daerah diwakili Kabag Pemerintahan ( Munawar, S.Sos.), Bappeda (Muhammad Sihabudin, S.STP.), BPKAD ( Dhimas Adiyasa P., S.E., M.M.), serta unsur DPRD diwakili oleh Anggota Komisi I (Khaeru  Sholeh, S.H., M.H.).

Dalam pemaparannya, Ketua Bawaslu Kabupaten Tegal Ikbal Faizal menyampaikan bahwa draft rancangan anggaran diajukan dalam rangka mengingatkan Pemerintah Daerah agar jauh-jauh hari sudah menyiapkan anggaran untuk menghadapi pelaksanaan Pilkada 2023 melalui saving anggaran yang bersumber dari APBD Kabupaten. Tentunya dibuat dengan mempertimbangkan regulasi dan peraturan mengenai keuangan, proses penyusunannya juga telah melalui asistensi dan supervisi dari Bawaslu Provinsi Jawa Tengah dengan berbasis pada kebutuhan untuk melakukan tugas pengawasan seluruh tahapan pelaksanaan Pilkada 2023.

Anggota Komisi I Khoeru Sholeh mengapresiasi langkah yang telah dilakukan oleh jajaran Bawaslu Kabupaten Tegal dan akan menyampaikan hasil rakor tersebut kepada forum pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Tegal untuk dibahas lebih lanjut. Meskipun disampaikan juga mengenai kondisi keuangan Pemerintah Kabupaten Tegal yang sedang mengalami defisit.

Sementara itu Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra, Bappeda dan BPKAD menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Tegal tetap berkomitmen untuk mempersiapkan anggaran Pilkada 2023 secara bertahap mulai tahun anggaran 2021 yang kemungkinan melalui anggaran perubahan, tetapi akan mempertimbangkan berbagai hal diantaranya kondisi dan kemampuan keuangan daerah, kepastian sharing anggaran APBD Kabupaten dengan APBD Provinsi apabila pilkada dilaksanakan bersamaan antara Pilbub dengan Pilgub, item-item yang ada di Draft Anggaran di-mix beberapa menggunakan indeks yang ada di PMK sedangkan item yang lain menyesuaikan indeks daerah. “ Rapat Koordinasi ini merupakan rapat awal, selanjutnya untuk lebih detailnya akan ditindaklanjuti dengan pembicaraan dan pembahasan di forum Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Tegal, karena pendanaan pelaksanaan Pilkada juga terkait dengan institusi/ lembaga lainnya seperti KPU, Kepolisian, TNI dan sebagainya”, pungkas Pak Dadang (sapaan akrab Asisten Pemerintahan dan Kesra) menutup acara rakor.