Lompat ke isi utama

Berita

PANWASCAM DAN PKD AWASI VERFAK DUKUNGAN BAKAL CALON DPD

PANWASCAM DAN PKD AWASI VERFAK DUKUNGAN BAKAL CALON DPD

Slawi, Bawaslu Kabupaten Tegal - Panwaslu Kecamatan bersama Panwaslu Kelurahan/Desa awasi pelaksanaan Verfak (Verifikasi Faktual) terhadap sebaran sampel dukungan bakal calon anggota DPD di wilayah Kabupaten Tegal. Verfak dilakukan oleh Anggota dan Pegawai Sekretariat KPU Kabupaten Tegal yang sebelumnya dibentuk sebagai Tim Verifikator.

Verfak sampel dukungan bakal calon DPD wilayah Kabupaten Tegal dimulai sejak Rabu, 15 Februari 2023 yang diawali di Daerah Pemilihan Tegal 6 sampai Daerah Pemilihan Tegal 1. Pelaksanaan verfak sampel dukungan bakal calon anggota DPD ini dilakukan dengan mendatangi ke rumah pendukung (door to door) atau dikumpulkan di satu tempat yang disepakati antara bakal calon DPD dan KPU Kabupaten Tegal.

Dalam pengawasannya, Bawaslu Kabupaten Tegal menugaskan Panwaslu Kecamatan serta dibantu oleh Pengawas Kelurahan/Desa di masing-masing wilayahnya, hal ini diharapkan agar pengawasan secara melekat dapat dilakukan terhadap seluruh pelaksanaan verfak oleh Tim Verifikator dari KPU Kabupaten Tegal, ungkap Buhori Muslim (Anggota Bawaslu Kabupaten Tegal).

Buhori menambahkan, dalam tahapan verfak ini bersamaan dengan pelaksanaan coklit (pencocokkan dan penelitian) daftar pemilih oleh Pantarlih yang secara melekat diawasi oleh Pengawas Kelurahan/Desa, sehingga pengawasan dan pelaporan hasil verfak dukungan bakal calon anggota DPD ini kami berikan tanggungjawab kepada Panwaslu Kecamatan. Bawaslu Kabupaten Tegal tetap melakukan supervisi, monitoring dan pendampingan kepada Panwaslu Kecamatan dan Pengawas Kelurahan/Desa saat pengawasan di lapangan, sehingga dapat memberikan semangat dan memberikan contoh kepada jajaran pengawas ad hoc sekaligus memastikan dalam melakukan pengawasan serta upaya pencegahan pelanggaran dan sengketa proses Pemilu dilaksanakan dengan baik.

Seluruh kegiatan verfak dukungan bakal calon anggota DPD di Kabupaten Tegal berjalan lancar hingga saat ini.