Lompat ke isi utama

Berita

Difabel Juga Punya Hak Pilih!

Difabel Juga Punya Hak Pilih!

Slawi - Anggota Bawaslu Kabupaten Tegal Koordinator Divisi Hukum & Penyelesaian Sengketa, Buhori Muslim beserta dua orang staf melakukan Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih di Kecamatan Pagerbarang, Kamis, 2 Maret 2023. Dengan didampingi Ketua & Anggota Panwaslu Kecamatan Pagerbarang beserta Pengawas Kelurahan/Desa  dan Pantarlih menyusuri ke desa-desa yang menjadi perbatasan Kabupaten Tegal dengan Kabupaten Brebes, yaitu Desa Pesarean dan Desa Kedungsugih.

Dalam patroli tersebut, Buhori Muslim memastikan bahwa Pantarlih telah melakukan coklit dan menempel stiker pada rumah-rumah warga. Lebih lanjut, Buhori Muslim beserta tim memastikan bahwa anggota keluarga dalam satu KK sudah terdaftar dalam TPS. Selain itu, yang menjadi sasaran patroli pengawasan yaitu orang-orang berkebutuhan khusus yang sudah mempunyai hak pilih.

 

Seorang difabel tuna Wicara di Desa Pesarean yang usianya sudah 17 tahun namanya sudah terdaftar dalam TPS. Meskipun mengalami kesulitan berbicara, namun semangatnya untuk menggunakan hak pilih begitu besar.

Difabel yang lain juga ditemukan di Desa Kedungsugih, seorang difabel tuna netra dan difabel tuna daksa menjadi sasaran patroli pengawasan selanjutnya. Tim Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih terus memastikan bahwa mereka sudah di coklit dan namanya sudah terdaftar dalam TPS. Dalam kesempatan itu, Tim Patroli berharap mereka tidak hanya sekedar memilih, namun juga harus berani tegas menolak politik uang.