Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kabupaten Tegal Kerjasama dengan IAIBN Tegal

Bawaslu Kabupaten Tegal Kerjasama dengan IAIBN Tegal

Slawi – Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Tegal menggelar pengawasan partisipatif dengan mahasiswa Institut Agama Islam Bhakti Negara (IAIBN) yang digelar di Gedung Aula Kampus IAIBN kecamatan slawi Kabupaten Tegal pada hari rabu 14 November 2019. Kegiatan yang sudah kesekian kalinya di adakan oleh Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Tegal ini adalah untuk mengajak generasi muda khususnya mahasiswa dalam keikutsertaanya berperan secara aktif dalam pengawasan pemilu.

Kegiatan kali ini Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Tegal mengambil tema “ Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dan Nota Kesepahaman” denagn narasumber Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Tegal. Kegiatan kali sedikit berbeda dengan sebelumnya, klau sebelumnya hanya memberikan materi dari narasumber dan interaktif tanya jawab dengan peserta kali ini ada nota kesepahaman dengan kampus IAIBN. Nota kesepahaman yang ditandatangani ketua Bawaslu dan Rektor IAIBN ini dimaksudkan agar kampus dapat menjadi bagian dari mitra kerja Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Tegal dalam pengawasan pemilu.

Dalam sambutanya ketua Bawaslu Kabupaten Tegal mengatakan bahwa pemuda khusnya mahasiswa sebagai generasi bangsa dimasa depan harus kritis dalam menghadapi segala permasalahan. Lebih lanjut beliau menyampaikan pengawasan pemilu sesungguhnya menjadi tanggungjawab kita bersama oleh karenanya mari kita semua khusnya mahasiswa menjadi bagian dari pengawas partisipatif demi keberlangsungan demokrasi yang aman, jujur dan adil.

Sambutan juga disampaikan oleh Rektor IAIBN bahwa ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggan buat kampus yang telah memilih acara dikampus ini. Beliau berpesan kepada mahasiswanya agar mengikuti acara ini dengan hikmat dan sampai selesai. Selanjutnya beliau mengatakan kampus ini merupakan tempat belajar, menimba ilmu sehingga apa-apa yang akan disampaikan oleh narasumber silahkan diserap dan  apa bila tidak mengerti silahkan ditanyakan.

Narasuber kali ini dari ketau dan satu anggota Bawaslu Kabupaten Tegal yaitu Bapak Ikbal Faisal M., Pd. Dan Sri Anjarwati M., Kom. Kedua narasumber tersebut menyampaikan dalam materinya ialah bahwa dalam diskusi ini tujuanya tidak lain memberikan informasi mengenai pengawasan pemilu dan mengajak kepada mahasiswa sebagai tunas bangsa untuk ikut berperan aktif dalam pengawasan pemilu meskipun dikabupaten tegal tahun 2020 tidak ikut pilkada serentak. Akan tetapi Bawaslu Kabupaten Tegal punya kewajiban untuk terus mensosialisasikan terkait dengan kepemiluan. Semoga bangsa ini semakin baik dan terus maju dalam menyongsong demokrasi yang sudah dicata – citakan kita semua.