Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Jateng Rangkul Perempuan Jadi Mitra

Bawaslu Jateng Rangkul Perempuan Jadi Mitra

SEMARANG - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah mengajak perempuan agar berperan aktif dalam mengawal proses pengawasan kampanye Pemilu 2019. Hal ini tak terlepas dari banyaknya pemilih perempuan di Jateng yang jumlahnya separuh lebih.

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jateng, Anik Solihatun mengatakan jumlah pemilih perempuan di Jateng sekitar 50,2 persen. Pihaknya melihat ini sebagai modal sosial berskala besar dalam mengawal dan menjaga agar tercipta pemilu berintegritas.

Anik berharap, perempuan dapat menjadi mitra strategis bagi bawaslu dalam melakukan pengawasan. "Lima puluh persen lebih memang perempuan. Ini potensi yang sangat besar, dalam pengawasan partisipatif," kata Anik di Hotel Patrajasa, Semarang, Kamis (29/11).

Dalam perannya memberikan pengawasan, para perempuan diminta melaporkan segala bentuk pelanggaran di lingkungan sekitarnya. Macam politik uang, netralitas ASN, akurasi DPT, dan beberapa lainnya.

Peran lain, sebagaimana Anik contohkan, yakni dalam pencatatan DPT. Dalam hal ini, akan ada jejaring yang dipandu langsung oleh bawaslu agar jangan sampai ada DPT ganda ataupun terlewat. Jejaring diakomodasi melalui media sosial untuk menjalin komunikasi dan melaporkan pelanggaran.

"Ini menjadi salah satu ikhtiar bawaslu untuk melakukan pencegahan. Kami berkomitmen memberikan pengawalan secara umum, oleh perempuan. Karenanya, bagi kami perempuan adalah kelompok sasaran yang menentukan derajat hasil pemilu kita nanti," terangnya.

Lebih jauh, ia menjelaskan, keterlibatan aktif perempuan semakin penting mengingat mereka adalah pihak yang banyak menanggung dampak dari hasil pemilu ke depannya, utamanya dari segi kebijakan. Sehingga, kehadiran perempuan dalam bentuk peran aktif pada proses pemilu ini menjadi hal vital.

"Kita ingin membangkitkan optimisme perempuan dalam pengawasan partisipatif. Dengan keterlibatan aktif perempuan, diharapkan pemilu sukses prosesnya dan berkualitas hasilnya," tandasnya. (Admin)

 

Sumber : jawapos.com

Foto : radioidola.com