Lompat ke isi utama

Berita

Ratusan Siswa SMK Diberi Pemahaman Pengawasan Pemilu & Pendidikan Karakter

Ratusan Siswa SMK Diberi Pemahaman Pengawasan Pemilu & Pendidikan Karakter

Slawi – Menindaklanjuti program kegiatan Goes to School, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Tegal beri pemahaman pengawasan pemilu dan pendidikan karakter kepada sekitar 600-an siswa SMK Bhakti Praja Dukuhwaru, Kabupaten Tegal. Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Tegal diterima oleh Kepala Sekolah Drs. H. Dasori, M.Pd. Acara yang digelar pada hari Jum’at (28/02/2020) dikemas menjadi 2 (dua) kelas yaitu indoor dan outdoor di Lapangan Bola Basket SMK Bhakti Praja Dukuhwaru. 

Di kelas indoor berturut-turut dipaparkan materi tentang kelembagaan Bawaslu, fungsi pengawasan dan pengawasan pemilu partisipatif oleh Buhori Muslim dan Istibsaroh. Sementara itu di kelas outdoor diisi oleh pemateri yang lain yaitu Sri Anjarwati dan Harpendi Dwi P. Selain menyangkut tema di atas, kedua pemateri ini secara interaktif juga memberikan motivasi bagaimana membangun karakater bangsa (nation character building) yang harus dimulai dengan bagaimana membangun karakter pribadi (personal character building)  terutama kepada setiap siswa/ pelajar. Sri Anjarwati mengajak kepada seluruh siswa untuk berani mengatakan stop/ tolak politik uang (money politic), penyebaran berita hoax, politisasi SARA, tawuran dan penyalahgunaan narkoba.  “ Energi dan pikiran yang ada pada pelajar harus selalu digunakan untuk hal-hal yang positif yang dapat memberi manfaat bagi masyarakat dan bangsa, karena kedepan generasi mudalah yang akan menerima estafet dan melanjutkan kepemimpinan bangsa ini. Berpikir dan bersikap kritis, punya rasa empati yang tinggi, saling menghargai/ tidak saling mem-bully satu dengan yang lain adalah sikap dan perilaku yang dapat membentuk mentalitas serta karakter seseorang yang lebih baik “, tegas Pendi sapaan akrab Harpendi Dwi P. 

Di penghujung kegiatan yang berjalan kurang lebih 2,5 jam diadakan kuis berhadiah dengan  memberikan pertanyaan – pertanyaan berkaitan dengan pemilu, kelembagaan Bawaslu serta pengawasan pemilu partisipatif pada para siswa. Dan selanjutnya sebagai bentuk apresiasi terhadap respon positif dan antusiasme yang tinggi baik pimpinan, dewan guru serta seluruh siswa, Bawaslu Kabupaten Tegal memberikan piagam penghargaan yang secara simbolis  diterima oleh Pembina OSIS Iyan Nurfatahilah, S.Pd.