Lompat ke isi utama

Berita

Panwascam Dukuhwaru Ajak Pelajar dan Santri Ikut Awasi Pemilu

Panwascam Dukuhwaru Ajak Pelajar dan Santri Ikut Awasi Pemilu

DUKUHWARU - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Dukuhwaru menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif terhadap pemilih pemula dalam rangka Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019, Sabtu (2/3/2019) di Pendopo Kecamatan setempat.

Sosialisasi Partisipatif diikuti 50 Pelajar SMA, SMK dan Santri Pondok Pesantren se Kecamatan Dukuhwaru.

Ketua Panwaslu Kecamatan Dukuhwaru Nur Kholis mengatakan, kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka memperluas jaringan pengawasan partisipatif dari kalangan pemilih pemula untuk persiapan Pemilu 2019 yang tertib, aman dan sesuai dengan amanah undang-undang.

Menurutnya, sosialisasi pengawasan partisipatif penting bagi pemula yang masih punya pemahaman awal tentang konsep kepemiluan.

"Apa itu pengawasan partisipatif, sehingga kita berikan pemahaman apa itu Pemilu dan bagaimana pelaksanaannya yang benar sesuai amanah undang undang," ujarnya

Dia berharap para pelajar dan santri sebagai pemilih pemula agar mengajak masyarakat luas untuk ikut berpartisipasi dalam pengawasan Pemilu.

"Tidak segan untuk melaporkan jika ada indikasi kecurangan pada tahapan Pemilu tahun 2019," imbuhnya.

Sosialisasi pengawasan partisipatif bagi pemilih pemula di sambut aktif oleh peserta yang masih SMA sederajat dan santri ditunjukkan oleh banyaknya peserta yang melontarkan pertanyaan-pertanyaan terkait apa itu pengawasan partisipatif.

Sementara narasumber sosialisasi berasal dari Komisioner Panwaslu Kecamatan Dukuhwaru. (Admin)