Lompat ke isi utama

Berita

Konsolidasikan Panwaslucam, Bawaslu Kabupaten Tegal Perkuat Institusi dan Kompetensi

Konsolidasikan Panwaslucam, Bawaslu Kabupaten Tegal Perkuat Institusi dan Kompetensi

Slawi, "Dengan konsolidasi diharapkan dapat menguatkan institusi dan kompetensi" demikian disampaikan oleh Ikbal Faizal Ketua Bawaslu Kabupaten Tegal Saat membuka acara Konsolidasi Pengawasan tahapan pemilu, Kamis (8/12/2022).

Kegiatan konsolidasi ini diikuti oleh delapan puluh peserta yang terdiri dari tiga orang komisioner dan satu orang dari unsur kepala Sekretariat panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Tegal.

Rangkaian acara konsolidasi ini dimulai dari pembukaan, penyampaian materi pertama dari Universitas Panca Sakti (UPS) Dien Noviany R., Penyampaian materi kedua oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Tegal Ikbal Faizal dan terakhir penutupan.

Pada sesi acara pembukaan tiga anggota Bawaslu Kabupaten Tegal menyampaikan pengarahannya.

Harpendi Dwi Pratiwi diantaranya menyampaikan: "saat ini panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Tegal diharapkan urusan sekretariat sudah selesai. Selanjutnya agar fokus pada kerja-kerja pengawasan".

Sedangkan Sri Anjarwati dalam pengarahannya antara lain mengajak panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Tegal agar dalam kegiatan pengawasan apapun yang dilakukan untuk tetap riang dan gembira.

Selain itu Anjar menginstruksikan kepada jajaran panwaslu Kecamatan untuk belajar membuat berita hasil pengawasan yang dilakukan agar selanjutnya bisa dikirimkan ke Bawaslu Kabupaten Tegal untuk dilakukan publikasi pada medianya Bawaslu Kabupaten Tegal.

Sementara itu Bukhori Muslim selaku anggota Bawaslu Kabupaten Tegal yang memandegani divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa menyampaikan arahan pertama, ucapan Terimakasih kepada seluruh panwascam yg telah melaksanakan tugas pengawasan dengan baik. Kedua, panwaslu Kecamatan agar segera melaporkan hasil pengawasannya mengingat harus dilaporkan ke Bawaslu Propinsi Jawa Tengah.

SESI PENYAMPAIAN MATERI 

Dien Noviany R. Selaku narasumber pertama menyampaikan tentang konsolidasi panwaslu Kecamatan dalam perspektif akademisi. 

Bu Dien panggilan akrabnya sempat menyampaikan materi kurang lebih satu jam
Kemudian dilanjutkan sesi diskusi. Pada sesi diskusi banyak panwaslu Kecamatan yang melemparkan pertanyaan. Bahkan ada dua pertanyaan yang mengarah kepada komisioner Bawaslu Kabupaten Tegal.

Sedangkan pemateri kedua diisi oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Tegal Ikbal Faizal. Pada sesi ini ketua Bawaslu lebih pada mengajak diskusi materi perbawaslu 5 tahun 2022.

Ikbal panggilan akrabnya menyampaikan materi tentang perbawaslu nomor 5 tahun 2022 khusus berkaitan dengan panwaslu Kecamatan. Materi tersebut disampaikan kurang lebih empat puluh lima menit. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan simulasi.

Kegiatan konsolidasi pengawasan tahapan pemilu dimulai pukul 08.00 WIB. Dan berakhir pukul 16.00 WIB.