Lompat ke isi utama

Berita

Desa Pagedangan Resmi Menjadi Desa Anti Politik Uang

Desa Pagedangan Resmi Menjadi Desa Anti Politik Uang

Slawi – Kamis 07 November 2019 hari Kedua dilaksanakannya Musyawarah Desa Anti politik Uang di Desa Pagedangan. Acara yang bertempat di Balai Desa Pagedangan  dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB tersebut dihadiri oleh warga Desa Pagedangan yaitu dari Pemuda Ansor dan Pengurus PKK, Pengurus Posyandu serta tokoh masyarakat yang hadir. Acara berjalan dengan lancar dimana penyampaian materi tersampaikan secara menyeluruh kepada masyarakat peserta acara tersebut dan adanya diskusi aktif.

Anggota Bawaslu Kabupaten Tegal Sri Anjarwati M.Kom menyampaikan sambutan kepada peserta yang hadir, memberikan ucapan terimakasih kepada peserta yang telah hadir di Musyawarah Pembentukan Desa Anti Politik Uang di Desa Pagedangan Kecamatan Adiwerna. Kemudian selain itu, beliau menyampaikan latar belakang di adakannya kegiatan tersebut di Desa Pagedangan ialah sebagai bentuk pendidikan politik untuk bersama-sama mengawasi penyelenggaran pemilu tanpa politik uang demi menciptakan pemilu yang jujur, adil dan berintegritas.

Sambutan juga disampaikan oleh Pelaksana Tugas Kepala Desa Pagedangan, Akhrudi menyampaikan kepada warganya untuk bersama-sama mengikuti Musyawarah Pembentukan Desa Anti Politik Uang untuk meningkatkan pengetahuan dalam pengawasan kepemiluan khususnya dalam menolak politik uang.

Anggota Bawaslu Kabupaten Tegal Buhori Muslim, S.Pd.I menyampaikan materi kelembagaan Bawaslu kepada peserta untuk memberikan pengertian bahwa Bawaslu Kabupaten Tegal ada untuk melakukan pengawasan pemilu meskipun pemilu telah usai namun Bawaslu tetap mempunyai tanggung jawab untuk mengajak masyarakat peduli pemilu demi terselenggaranya pemilu yang jujur, adil dan berintegritas. Serta, beliau memaparkan materi Desa anti politik uang perihal ketentuan dan sanksi bagi orang yang terlibat politik uang dalam Pemilu. Dengan tegas beliau menghimbau masyarakat untuk tolak politik uang dan Serta Tujuan Pembentukan Desa anti politik uang adalah kesadaran masyarakat agar terciptanya pemilu yang bersih, jujur demokratis dan mampu menekan potensi pelanggaran Pemilu terutama pelanggaran politik uang di wilayah Desanya, mendorong pemangku kepentingan untuk berperan serta dalam Gerakan desa anti politik uang serta memperoleh wakil rakyat atau pemimpin yang lebih berkualitas dan berintegritas.

Sebagai penutup acara moderator menyampaikan ucapan terimakasih kepada peserta Musyawarah Pembentukan Desa Anti Politik Uang yang telah hadir dan mensukseskan jalannya acara , berharap warga Pagedangan dapat berpartisipasi dalam pengawasan pemilu menolak politik uang.